DOSEN FEB MENGABDI : UPAYA PENGEMBANGAN WISATA RELIGI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN DI DESA AENG BAJA RAJA KEC. BLUTO

Satu diantara banyaknya destinasi wisata religi yang ada di Kabupaten Sumenep yaitu Bhujuk Pongkeng yang berada di  Desa Aengbaja Raja Kecamatan Bluto. Namun, Bhujuk pongkeng ini masih kurang banyak diminati oleh wisatawan religi. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi yang berupa promosi untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut. Oleh sebab itu tujuan dilakukan pengabdian ini yaitu untuk memperkenalkan adanya wisata bhujuk pongkeng yang berlokasi di Desa Aengbaja Raja Kecamatan Bluto. Upaya dalam memperkenalkan destinasi wisata yang utama diperlukan adalah informasi dan promosi terkait wisata tersebut. Masyarakat sekitar wisata religi Bhuju’ Pongkeng saat ini masih memerlukan informasi dan sosialisasi terkait pengembangan wisata religinya. Sehingga dengan adanya sosialisasi dan pelatihan diharapkan masyarakat sekitar wisata Bhuju’ Pongkeng lebih meningkatkan daya tarik wisatwan. Dalam jangka waktu tertentu wisata yang berkembang akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar wisata Bhuju’ Pongkeng.

Kelompok sasaran adalah perangkat Desa Aengbaja Raja, pemuda, dan mastarakat sekitar Bhuju’ Pongkeng. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan pemberian ilmu berupa upaya dalam meningkatkan daya tarik wisatawan dalam mengembangan wisata religi Bhuju’ Pongkeng. penyampaian materi tentang destinasi wisata religi yang berada di Indonesia secara umum, dan Kabupaten Sumenep secara khususnya. Dengan melihat destinasi wisata lain yang berada di sekitar, maka diharapkan akan mampu memberikan informasi-informasi yang mendukung wisata Desa Aengbaja Raja. Materi yang disampaikan yaitu tentang upaya dalam peningkatan daya tarik wisatawan sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas yang akan melakukan perjalanan wisata religi. Pemahaman dari hasil menyimak materi didapat oleh para peserta merupakan pencapaian yang baik. Mereka mengikuti kegiatan dengan baik sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai. Mereka mempunyai Inovasi-inovasi menarik terkait upaya dalam pengembangan wisata religi.

Sehinggga terdapat beberapa hal dan upaya yang dapat meningkatkan daya Tarik wisata religi Bhuju’ Pongkeng Kecamatan Bluto: wilayah destinasi, pengembangan daya tarik wisata, pemberdayaan masyarakat, pembangunan investasi dalam bidang pariwisata. Sehingga mereka mendapatkan ilmu-ilmu baru yang sebelumnya masih belum mereka ketahui. Sehingga dengan adanya kegiatan ini upaya peningkatan daya tarik wisatawan dapat memberikan kemudahan bagi peserta dalam mempraktikkan di kegiatan wisatanya yaitu wisata religi Bhuju’ Pongkeng Kecamatan Bluto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top