Pentingnya Manajemen Arsip di Perguruan Tinggi, Universitas Wiraraja mendelegasikan Tenaga Kependidikan pada BIMTEK Tata Kelola Arsip Perguruan Tinggi

Universitas Wiraraja sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Madura mengutus 4 (empat) orang tenaga kependidikan guna mengikuti Bimbingan Teknis tata kelola kearsipan perguruan tinggi di Universitas Airlangga Surabaya yang bekerjasama dengan Arsip Nasional Indonesia pada tanggal 12-13 September 2019. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Universitas Airlangga Drs. Koko Srimulyo, M.Si,  beliau memaparkan tentang pentingnya pengelolaan arsip di Perguruan Tinggi dikarenakan arsip yang tercipta merupakan gambaran seluruh aktivitas di perguruan tinggi. Beberapa hal penting sebagai acuan pengelolaan arsip perguruan tinggi meliputi tata naskah dinas, Klasifikasi arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA), Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip (SKKAD) tutur Drs. Azmi, M.Si selaku Direktur Kearsipan Pusat Arsip Nasional Indonesia.

Ahmad Zaki, SE merupakan salah satu delegasi Universitas Wiraraja menuturkan bahwa pengelolaan arsip di perguruan tinggi merupakan suatu kewajiban yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan. Oleh karena itu, Lembaga kearsipan sangatlah penting guna menyelamatkan arsip penting yang berkaitan dengan bukti status intelektual serta pengembangan potensi yang melahirkan inovasi serta karya intelektual yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (zk_red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top