BELAJAR OLAH DATA SAAT PANDEMI ITU MUDAH : Pentingnya Belajar Olah data bagi Mahasiswa

Pada dasarnya setiap mahasiswa akan selalu dituntut untuk menjadi insan akademis yang mempunyai kualitas tidak hanya sekedar dalam berdialektika akan tetapi mahasiswa juga mampu membuktikan segala bentuk narasi dengan kombinasi angka matematis. Sehingga unsur akademis dalam diri mahasiswa bisa nampak nyata dengan pembuktian – pembuktian tersebut.

                Pada tahap akhir perkuliahan setiap mahasiswa akan dihadapkan pada penelitian, dimana penelitian tersebut menjadi penentu gelar yang akan disandang selama hidupnya. Proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar Sarajana atau disebut sebagai Strata 1 biasanya ditempuh dalam kurun waktu empat tahun dalam skala normal, akan tetapi sebelum benar – benar menyandang gelar Sarjana/Strata 1 setiap mahasiswa bisa di nyatakan lulus jika sudah membuat karya tulis yang disebut sebagai Skripsi. Skripsi sudah dipergunakan sejak lama dan skripsi dijadikan sebagai tugas akhir untuk menandakan bahwa seseorang bisa atau layak menyandang gelar Sarjana. Dalam sebuah penelitian mahasiswa ditutntut untuk menyusun Bab 1 Pendahuluan smpai dengan Bab 5 Kesimpulan dan saran. Hanya saja terkadang yang paling menjadi permasalahn bagi mahasiswa adalah tentang bagaimana mengolah sebuah data yang kemudian diambil sebuah kesimpulan dari hasil olah data tersebut. Hal semacam itu menjadi sesuatu hal yang sulit bagi mahasiswa karena ketidak tauan mahasiswa tersebut dengan bagaimana cara menggunakan alat analisis data dan membuat kesimpulan.

Tugas akhir dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis secara Umum lebih kepada pendekatan kuantitaif dimana untuk membuat metode penelitian menggunakan alat atau program yang digunakan untuk mengolah data. Banyak alat yang bisa digunakan untuk menganalisis data salah satunya adalah Eviews. Eviews dipergunakan untuk mengolah data yang lebih kepada pendekatan data time series atau data yang memiliki rentan waktu. Data – data seperti itu sangat sering dipergunakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sehingga menjadi perlu untuk dilakukan sebuah Pelatihan tentang bagaimana mengalisis data dengan menggunakan Eviews.

Analisa yang paling mendasar dalam setiap alat analisis adalah analisis deskriptif dimana alat analisis deskriptif ini dilakukan untuk mengambarkan sebuah data yang digunakna dalam penelitian. Namun analisis inti yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalan analisis Regresi Linier berganda data Time Series dan Data Panel.

Tak Kurang dari 60 MahasiswaFakultasEkonomidanBisnisUniversitas Wiraraja Madura Mengikuti Pelatihan Olah Data dengan menggunakan alat bantu yang disebut EVIEWS 10. Mereka sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, walaupun petihan tersebut dilakukan secara daring atau kelas online tapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti pelatihan hingga selesai. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang sangat antusias bertanya mengenai materi yang diajarkan saat pelatihan. Itu artinya bahwa mereka sangat inginbetul – betul mengethaui secara pasti bagaimana proses olah data saat mereka nanti menuliskan sebuah penelitian atau tugas akhir.

                Pada akhir sesi pelatihan mahasiswa juga diberikan tugas untuk dikerjakan agar diketahui seberapa mampu mahasiswa menyerap materi yang sudah diajarkan saat pelatihan. Tugas yang diberikan kepada mahasiswa berupa data yang harus diolah dengan EVIEWS 10 dan kemudian hasil dari olah data tersebut di jelaskan secara lisan melalui video dan video tersebut dikirim langsung kepada pemateri untuk ditukarkan dengan sertifikat. Sertifikat tersebut sebagai bukti bahwa mahassiwa tersebut betul – betul mengikuti sesi pelatihan olah data dengan menggunakan Evews 10 hingga selesai.                 Dalam kelas online akan lebih pasti dihadapkna dengan banyak masalah lebih dari kelas offline. Masalah yang dihadapi saat pelatihan online adalah ada sebagian mahasiswa yang hanya ikut pelatihan saja mengambil materi saja setelah itu mereka tidak mengumpulkan tugas. Sehingga mereka juga tidak dibekali sertifikat sebagai peserta pelatihan pada olah data tersebut. Selain itu penyampaian materi dalam kelas online menjadi lebih rumit karena harus membuatkan materi serta video agar betul – betul bisa dipahami dengan mudah. Belum lagi urusan dengan kendala sinyal. Akan tetapi pelatihan tetpa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top